Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Mengatasi Berbagai Noda di Pakaian

By | 16.38 Leave a Comment
Tips Mengatasi Berbagai Noda di Pakaian

Karena dipakai sehari-hari, pakaian yang kita kenakan pun tidak bisa terjamin aman dari kemungkinan terkena noda, baik noda tinta, noda bekas jus, noda lipstik, noda cat, dan lain-lain. Susahnya, pakaian yang terkena noda ini biasanya merepotkan saat dicuci, karena nodanya sulit hilang.

Nah, jika Anda menghadapi masalah semacam itu, dan ingin mudah menghilangkan noda yang terlanjur menempel di pakaian, gunakan saja tip berikut.

Untuk menghilangkan noda lipstik, bubuhi bagian belakang kain yang terkena noda dengan bensin atau amonia, lalu gosok berulang-ulang sampai nodanya hilang.

Untuk noda hangus karena setrika, segera basahi bagian yang hangus itu dan taburi dengan talk. Lalu remas-remas bagian yang gosong, dan bilas dengan air yang telah dicampur dengan air jeruk nipis atau cuka, kemudian bilas beberapa kali sampai bersih.

Jika pakaian berbau keringat dan apak, atau berwarna kusam, segera rendam dengan air hangat yang dicampur dengan seperempat cangkir garam. Dengan cara ini, lemak keringat akan cepat memisah, dan kusamnya pun segera hilang.

Jika terkena larutan yodium, segera gosok pakaian yang terkena yodium tersebut dengan irisan jeruk nipis, lalu cuci dengan air panas.

Untuk pakaian yang terkena noda cat, segera rendam dalam air yang dicampur setengah cangkir amonia dan seperempat cangkir terpentin selama 20 menit. Kemudian bilas dengan sabun sampai bersih.

Untuk pakaian yang terkena noda tinta, bisa dibersihkan dengan bensin, atau dengan lem cair jika noda itu masih baru.

Jika pakaian terkena noda cokelat, gunakan larutan boraks dalam air panas. Basahi kain yang ternoda dengan air dingin, gosokkan boraks pada noda itu, lalu cuci dan bilas seperti biasa.

Untuk mengatasi noda getah pada pakaian, teteskanlah cuka pada bagian yang terkena noda, lalu bilas sebentar, dan langsung cucilah dengan air sabun. (Tetesan cuka tidak boleh terlalu lama menempel pada baju).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: