Cara Menonton DVD di Handphone

Saat ini bisa dikatakan telah banyak perangkat handphone yang telah menyertakan aplikasi pemutar video. Salah satu format video yang populer saat ini adalah 3gp. Beberapa handphone biasanya juga telah menyertakan software converter dari DVD menjadi format 3gp di dalam paket pembeliannya. Namun fasilitas ini tidak terdapat pada semua merek handphone.

Nah, untuk menyiasatinya, kita bisa mencari-cari aplikasi converter atau software konversi di internet. Hanya saja, pengaturan besarnya layar yang tersedia pada aplikasi converter biasanya juga mengikuti ukuran layar handphone pada umumnya. Padahal sekarang ini sudah banyak handphone yang menggunakan ukuran layar yang tidak standar. Karenanya, untuk itu kita bisa mencoba aplikasi “iSoftware DVD to 3GP Converter”.

Kelebihan dari “iSoftware DVD to 3GP Converter” ini adalah pada kemampuannya dalam pengaturan format layar yang dapat diatur secara ‘custom’. Namun, versi trial yang digunakan aplikasi ini membagi sebuah file video menjadi beberapa bagian kecil dengan durasi maksimal lima menit. Artinya, kita masih dapat mengkonversi semua file video tersebut, namun filenya menjadi terpotong-potong dan berdurasi sekitar lima menitan.

Selain itu, tentu saja ada notifikasi yang berada di tengah layar yang bertuliskan “unregistered version”. Jika kita membeli aplikasi yang “full version” maka besarnya atau lamanya file bisa kita tentukan sendiri. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kita dapat menyesuaikan jenis CPU yang kita gunakan, sehingga aplikasi ini dapat melakukan konversi secara lebih optimal.

Nah, meskipun aplikasi yang versi gratisan ini akan memotong-motong durasi file film yang ingin kita tonton, namun setidaknya ini akan bisa berguna untuk memasukkan potongan adegan favorit ke dalam handphone. Kalau Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, maka berikut ini adalah langkah penggunaannya:

Melalui internet di komputer, lakukan download aplikasi ini dari alamat http://www.ixphone.net/2008/10/12/ isofter_dvd_to_3gp_converter_download.html.

File yang didownload tersebut masih merupakan link untuk menuju file exe. Klik file tersebut, maka proses download file sebesar 5MB ini akan berlangsung.

Setelah proses download selesai, maka instalasi akan berjalan secara otomatis. Pada akhir instalasi, pilih ‘jalankan aplikasi’.

Sisi kanan aplikasi merupakan fitur ‘output’. Lakukan pengaturan mulai dari format output (tersedia format 3gp2, 3gpp dan mp3). Jadi jika kita memiliki dvd musik, maka kita bisa secara khusus mengambil suara saja sebagai outputnya.

Pengaturan video menyediakan pengaturan ukuran sesuai dengan ukuran layar handphone yang kita miliki. Pilih resolution > custom > ketikkan ukuran.

Folder output merupakan folder dimana kita ingin meletakkan file hasil pengolahan.

Zoom output adalah fasilitas pembesaran dari file yang asli. Sedangkan split output memungkinkan kita untuk membagi file menurut keinginan kita. Tersedia pilihan ‘all in one’ untuk membuat file hasil dalam satu file saja, ‘by chapters’ untuk dapat memilih chapter khusus, ‘custom size’ untuk default 740MB, ‘custom time’ untuk default 30 menit, ‘74 minutes VCD’ untuk menjadi 74 menit, dan ‘80 minutes’ untuk menjadi 80 menit.

Lakukan pengaturan input. Untuk hal ini tersedia pilihan pengaturan index, audio, angle dan subtitle. Untuk versi trialnya hanya subtitle yang dapat diubah.

Pada tengah tampilan, aplikasi ini masih menyediakan fitur ‘settings’ yang berisi jenis CPU yang kita gunakan. Jadi apabila komputer kita tidak menggunakan prosesor intel atau AMD, maka sebaiknya pilih ‘all processors’.

Pada menu, akan tersedia ikon kecil sebagai sumber file yang akan dikonversi. Pilih ‘ifo’, ‘vob’ atau ‘dvd’ sebagai sumber. Beri tanda checkmark atau centang untuk file yang kita inginkan, kemudian start, dan proses convert pun akan berlangsung.

Apabila telah selesai, maka akan keluar notifikasi apakah ingin membuka folder output ataukan akan menutupnya.

Lakukan pengujian output dengan cara memutar file di aplikasi.

Nah, transferlah file tersebut ke handphone. Ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan koneksi yang tersedia (bluetooth, infrared dan kabel data), atau kita bisa menggunakan card reader.