Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Merawat Kesehatan Kuku

By | 20.44 Leave a Comment
Tips Merawat Kesehatan Kuku

Tidak jauh beda dengan organ tubuh yang lain, kuku juga memerlukan perawatan atas kesehatannya. Ketidaktahuan mengenai hal ini dapat menjadikan kuku Anda “sakit” dan kemudian mengalami masalah. Berikut ini tip seputar menjaga kesehatan kuku.

Biarkan sesekali kuku-kuku Anda bernapas. Artinya, jangan sering-sering atau terus-menerus mengecat kuku Anda dengan kuteks. Keberadaan cat kuku akan membuat kuku sulit bernapas.

Pakailah hand body atau krim kulit pada waktu mencuci tangan atau piring. Karenanya, alangkah baiknya kalau Anda meletakkan hand body atau krim kulit di dapur, sehingga mudah dijangkau.

Pada waktu melakukan pekerjaan rumah tangga atau berkebun, akan sangat baik sekali jika Anda mengenakan sarung tangan, dan mengoleskan hand body pada tangan Anda sebelum memasukkannya ke sarung tangan.

Kapan pun Anda punya waktu luang, oleskanlah minyak zaitun pada kuku-kuku Anda. Hal ini akan menguatkan kuku.

Jika memungkinkan, biasakanlah untuk memasukkan kandungan kalsium dan vitamin A yang cukup dalam menu makanan sehari-hari, karena hal itu akan membantu menguatkan kuku.

Simpanlah peralatan menikur di tempat yang tertutup, untuk melindunginya dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi.

Terlalu lama terpapar sinar matahari atau terlalu lama berada di kolam renang dapat membuat kuku menjadi kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa membubuhkan pelembap pada bagian kuku dan kutikula.

Pada waktu akan mengerjakan sesuatu yang rentan kotor, semisal membersihkan debu atau berkebun, Anda bisa menancapkan kuku ke sabun terlebih dulu. Hal ini berfungsi untuk mencegah kotoran melekat pada kuku, dan juga menjadikan kuku lebih mudah dibersihkan nantinya.

Agar kuteks yang menempel pada kuku bisa bertahan lebih lama, Anda bisa melembutkannya dengan sedikit krim kulit pada waktu hendak mandi.

Apabila kuku mengalami masalah seperti rapuh, patah, atau mudah sobek, usahakanlah agar kuku selalu dalam keadaan lembap.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: