Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Tidur untuk Kesehatan

By | 21.48 Leave a Comment
Manfaat Tidur untuk Kesehatan

Bila tubuh terasa letih, pikiran terasa lelah, maka tidurlah. Dengan membiarkan mata Anda terpejam, pikiran diistirahatkan, maka tak cuma tubuh yang penat yang akan disegarkan, tetapi juga dapat menurunkan tingkat stres. Itu adalah hasil yang disimpulkan dari sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah mahasiswa Tel Aviv University.

Dari penelitian itu dapat diketahui bahwa kualitas tidur sangat berpengaruh untuk meredam tingkat stres. Tetapi sebaliknya, tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi kualitas tidur itu sendiri. Mereka yang memiliki tidur yang cukup, lebih mampu mengendalikan stres dibanding mereka yang kurang tidur. Dan sebaliknya, mereka yang tak dapat tidur nyenyak memiliki kecenderungan tak dapat mengontrol emosi dibanding mereka yang dapat tidur lebih nyenyak.

Dr. Avi Sadeh, kepala penelitian pada studi ini, mempelajari bentuk tidur dari sukarelawan yang menjadi objek penelitiannya. Dr. Avi Sadeh meneliti 36 mahasiswa berusia 22 sampai 32 tahun, yang mengaku stres dalam menjalani kehidupan kuliahnya karena harus mengikuti pelajaran penuh selama lima hari dalam sepekan. Para mahasiswa itu terdaftar sebagai pasien di klinik psikologi kampus, yang dikelola oleh Dr. Avi Sadeh.

Dr. Avi  Sadeh membagi sukarelawan itu ke dalam dua kelompok besar, yakni mahasiswa yang dapat mengendalikan emosi saat stres, dan yang beremosi tinggi ketika stres tiba. Setiap akhir pekan, Dr. Avi Sadeh melakukan wawancara dan menanyakan kondisi stres yang dialami.

Sukarelawan yang tak dapat tidur, baik kurang tidur ataupun dapat tidur tetapi kerap terbangun, cenderung mengalami stres yang lebih tinggi dibanding mereka yang dapat tidur dengan baik. Dan mereka yang tidurnya kurang baik, rata-rata lebih mampu mengendalikan emosinya dibanding mereka yang tak dapat tidur dengan baik sama sekali.

Dari penelitian ini, Dr. Avi Sadeh mengatakan bahwa mengendalikan cara tidur sangat penting. Bentuk tidur yang baik dapat menurunkan tingkat kekhawatiran yang mengendap di dalam pikiran, sehingga dapat menghindari kemungkinan stres.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: